SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI , JANGAN LUPA TINGGALKAN PESAN. TERIMAKASIH

Kamis, 26 Mei 2011

AWAS PENIPUAN TAWARAN PENGANGKATAN CPNS DENGAN JAMINAN IJAZAH

Sejak diumumkannya hasil seleksi Administrasi CPNS oleh Inspektorat dan diumumkan oleh BKD, beredar isyu adanya oknum yang mengatasnamakan BKD dan dapat mengangkat CPNS dengan jaminan Ijazah.

" guru esde " mencoba menelusuri kebenaran isyu tersebut dengan menerjunkan tim yang terdiri dari 3 (tiga) orang.

Hasil penelusuran ternyata isyu tersebut justru bersumber dari "CALON CPNS" itu sendiri yang mengaku didatangi OKNUM GURU sebut saja Mr X)yang menawarkan diri dapat menghubungkan dengan oknum BKD yang dapat mengangkat CPNS dengan imbalan Rp 50 Juta dan bisa ditawar.


Modus Operandi
Mr X mendatangi rumah Calon CPNS ( calon korban). Didahului dengan pengantar tentang pengangkatan CPNS, siapa yang mengangkat dan siapa saja di wilayah ini yang diangkat berdasarkan "bantuan Mr X", . basa-basi ini dilanjutkan dengan penawaran jika si Korban tertarik maka ia dapat membantunya.
" Sebetulnya itu mudah, dan murah . Cukup sediakan saja dana sekitar 50 jt rupiah. Namun dana ini disimpan dulu, nanti kita berikan setelah ada "kepastian" penerimaan CPNS. Nah sebagai jaminan keseriusan, anda cukup menyerahkan IJAZAH terakhir anda kepada kami. , Ijazah akan dikembalikan nanti kalu kita sudah memberikan uang tersebut" tutur seorang calon korban yang tidak mau disebutkan namanya dalam menirukan Mr X.

Calon korban yang lain juga sama, bahkan "tim guru esde" menemukan Mr X lain yang juga Guru SD. Modus operandinya sama, dan pendekatannyapun sama.

Meskipun tim telah menganthongi beberapa nama calon korban, namun mereka umumnya merasa takut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bahkan ada orangtua calon korban yang tertarik tawaran tersebut dan pada hari itu juga menawarkan "salahsatu barang miliknya" untuk membayar kontan.

"Mau lapor, lapor kepada siapa, buktinya apa kan sulit " kata beberapa calon korban. Umumnya calon korban yang didatangi adalah mereka yang namanya tercantum dalam daftar serta "mempunyai aset" seperti sawah, tambak, mobil dan sebaginya.

Tim guru esde pun sama-sama kesulitan untuk melapor karena ini hanya berupa pengakuan, dan jika yang mengaku tidak mau dijadikan saksi, bagaiman ? Nah lho bisa jadi kita dianggap provokator kan ? kata salah seorang anggota tim.

' Ya... tapi setidaknya kita dapat memperingatkan kepada para calon CPNS di wilayah ini untuk berhati-hati terhadap PENIPUAN ini, minimal untuk bahan pertimbangan. Lanjut ketua Tim guru esde.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

free counters