SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI , JANGAN LUPA TINGGALKAN PESAN. TERIMAKASIH

Minggu, 18 Desember 2011

DAFTAR GURU DAN KARYAWAN

Daftar Guru dan Karyawan SDN 02 Limbangan Tahun Pelajaran 2011-2012 adalah sbb :
No NAMA NIP Jabatan Ket
1 Warkoyo,A.MA 19560514 197701 1 005 Kepala Sekolah
2 Purwo Sasmito,S.Pd 19630726 198304 1 001 Guru Kelas IV
3 Nurlaela 19690501 200312 2 005 Guru Kelas VI
4 Supriyatin, A.Ma. 19800228 200901 2 005 Guru Kelas I
5 Khomsatun 19760621 200901 2 003 Guru Kelas II
6 Rokhman Diyono 19850722 201001 1 003 Penjaga
7 Kusnaeni
19680623 200604 2 008
Guru Kelas V
»»  READMORE...

DATA SISWA MISKIN 2011

DATA SISWA MISKIN SDN 02 Limbangan Tahun Pelajaran 2001/2012 tercatat sebanyak 30 Orang, sesuai dengan kuota yang diberikan oleh Dinas.
Data selengkapnya sbb :



»»  READMORE...

NISN 2011

NISN SDN 02 LIMBANGAN TAHUN 2011.

No. NISN Nama Kelamin Kelas
1 0023296063 ADIK GUNAWAN L 2
2 0016918078 AHMAD SUBANDI L 2
3 0023296064 AHMAD ZAENI L 2
4 0016918066 AJI PURSANJAYA L 2
5 0016918075 AL BAENI NUGROHO L 2
6 0016918071 ALDI YOGA PRATAMA L 2
7 0016918083 AMALIA P 2
8 0016918087 ANA DEWI FITRIANI P 2
9 0023296052 ANDRI BAYU L 2
10 0016918068 ANIS SAFITRI P 2

11 0002062905 BUKHORI L 2
12 0023296044 CONDRO PUPITON L 2
13 0016918062 CRISTIN SUMA SARI P 2
14 0016918085 DANIEL WIJAYA L 2
15 0016918076 DWI KHOLIFAH P 2
16 0002062906 EFRI LIANSYAH L 2
17 0023296045 EKA SAFITRI P 2
18 0002062911 ELVIA YUNITA P 2
19 0023296062 FADHILAH UFAIRAH HULWAH P 2
20 0016918079 FAUZIYAH SARI OKTAVIYANI P 2
21 0002062908 FERA FERYANTI P 2
22 0016918072 GUSTOMI L 2
23 0023296053 HANDI PRAYITNO L 2
24 0023296047 HERNANDA ADITYO L 2
25 0016918063 IKA DEVI APRILIANI P 2
26 0016918088 IRHAM FAIZIN L 2
27 0002062909 JAFRI PRAKOSO L 2
28 0016918069 KARTIKA SARI P 2
29 0016918082 KHARISMA NOVIANA P 2
30 0023296042 KHOIRUL ABDUL FATAH L 2
31 0023296051 KRISDIYANTI P 2
32 0002062907 LAELI ISMAWATI P 2
33 0023296056 LATIFATUNISA P 2
34 0016918056 MISBAKHUL MUNIR L 2
35 0023296058 MUHAMMAD KHUSEN L 2
36 0023296060 MUHAMMAD RIDLO L 2
37 0016918080 MUHAMMAD ROFI L 2
38 0016918073 MUHAMMAD SUBHAN FADHOLI L 2
39 0016918086 NAJMAH ALIYAH NURHIDAYAH P 2
40 0016918059 PUSPITA SARI P 2
41 0023296043 PUTRI INTAN FATIKA SARI P 2
42 0023296057 RAGIL HAMKA L 2
43 0016918060 RATNASARI P 2
44 0016918084 RIDHO PANGESTU L 2
45 0016918058 RIKY DWI SAPUTRO L 2
46 0023296059 RIO BAKTI L 2
47 0016918065 RIZA ARINANTO L 2
48 0016918061 ROI WIJOYO L 2
49 0016918074 ROSALIYAH P 2
50 0023296050 RUJATNO L 2
51 0023296061 SEKAR INDAH P 2
52 0023296048 SENDI SAPUTRA L 2
53 0023296046 SLAMET ABDUL KHOLIK L 2
54 0023296049 SLAMET FAUZI L 2
55 0023296054 SUFIANA PUTRI P 2
56 0016918089 TAUFIK HIDAYAT L 2
57 0016918077 TEGAR NGUDI UTOMO L 2
58 0016918081 TEGUH PRASETYO L 2
59 0016918067 TOMI ALIM L 2
60 0002062910 VINA LUSIANA P 2
61 0016918064 WINDA RUKMANA SARI P 2
62 0016918057 WIWIK WIDIYANTI P 2
63 0023296055 YUDA ANGGUN PAWESTU P 2
64 0002062912 YUNDI WATI P 2
65 0016918070 YURDAN GAZA MUHAMMAD NUR L 2
66 9992524572 YUSUF ROHMAN L 2
67 0012234114 Adi Yoga Pratama L 3
68 0006313421 Afif Prayugo L 3
69 0012234110 Afrida Yuni Lestari P 3
70 0006313449 Ahmad Setio Aji L 3
71 0006313401 Ahmad Soleh Faozan L 3
72 0006313399 Andri Fakhrurozi L 3
73 0012234095 Anggun Parwati P 3
74 0006313443 Candra Khairul Rizal L 3
75 9997511244 Casini P 3
76 0006313398 Choirudin Ismanto L 3
77 0012234096 Cicin Kofinanjani P 3
78 0012234101 Darmawan Adi Wiguna L 3
79 0006313400 Diki Minaldi L 3
80 0006313402 Efri Liansyah L 3
81 0006313422 Elvia Yunita P 3
82 0006313425 Erika Meliana P 3
83 0006313448 Eriko Ferdiansyah L 3
84 0006313447 Eva Rizki Arneti P 3
85 0006313403 Eva Santika P 3
86 0006313415 Eva Yuliana P 3
87 0006313442 Faturokhman L 3
88 0006313392 Fatwa Rizki P 3
89 0006313429 Fiki Nur Mahmudah P 3
90 0012234109 Fiki Setiawan L 3
91 0006313428 Fina Nurkhasanah P 3
92 0006313388 Hendi Nurcahyo L 3
93 0006313452 Ika Ayu Wandirah P 3
94 0012234098 Imam Agung Setiyo L 3
95 0006313407 Istiqomah P 3
96 9997511234 Karnomo L 3
97 0006313424 Khofifah Lutfhiyatun P 3
98 0006313419 Khumaeroh P 3
99 0006313410 Kiki Fatikah Dewi P 3
100 0006313454 Kuria Safitri P 3
101 0006313408 Laeli Ismawati P 3
102 0006313431 M. Jamaludin Abdurozak L 3
103 0012234111 Makhmudah Ida Nur F.A.R P 3
104 0006313445 Muhammad Fauzi L 3
105 9997511263 Muhammad Rastono L 3
106 0006313453 Mustaqim L 3
107 0006313412 Neneng Safitri P 3
108 0006313432 Niko Thomas L 3
109 0012234105 Nilah Nur Faizah P 3
110 0006313434 Nunik Riyandini P 3
111 0012234100 Nur Hanifah P 3
112 0006313439 Nur Laelatul Masro P 3
113 9997511258 Nuroso L 3
114 0006313420 Pami Umayah P 3
115 0006313406 Pela Kartika P 3
116 0006313433 Pita Patoyah P 3
117 0006313450 Primus Aditama L 3
118 0006313409 Reny Wirantika P 3
119 0012234097 Reza Alwi Abdul Aziz L 3
120 0006313440 Rina Fitri Mutiarasari P 3
121 0012234094 Rizal Raharjo L 3
122 0012234108 Rizki Bayu Prasetyo L 3
123 0012234102 Romadhon Baehaqi L 3
124 0012234104 Shinta Devi P 3
125 0006313446 Silvi Nur Fitriana P 3
126 0012234115 Silvi Risyani P 3
127 0006313418 Siti Rokhimah P 3
128 0012234106 Slamet Rizki L 3
129 0006313383 Tedi Kusumah L 3
130 0012234099 Thoriq Asmarullah Asbah L 3
131 0006313426 Timbul Hadi Prayitno L 3
132 0006313423 Titi Pujiyanti P 3
133 0006313379 Triwi P 3
134 0006313444 Turino Aji Pangestu L 3
135 0012234103 Ummi Syarifah P 3
136 0006313430 Windi Rizki Syahputri P 3
137 0020177332 Wiwit Puji Astuti P 3
138 0012234107 Wiyas Mugiono L 3
139 0012234112 Yudha Purwoaji L 3
140 0012234113 Zulfah Nur Adilah P 3
141 9967517120 Abdul Royid L 4
142 9997511275 Ageng Setiyadi L 4
143 0006313395 Agus Sutejo L 4
144 9997511269 Ahmad Suwignyo L 4
145 9987197945 Ahmad Syaefudin L 4
146 0006313385 Alif Satriono L 4
147 9987197971 Anita Anggraeni P 4
148 0006313414 Anna Luthfi Fiyani P 4
149 9997511268 Arif L 4
150 0006313436 Arifin L 4
151 9997511247 Aripin L 4
152 0006313396 Ayu Widyaningrum P 4
153 0006313416 Bayu Prayogo L 4
154 9997511259 Budiharto L 4
155 9997511254 Cahyo Purnomo L 4
156 9997511225 Caswati P 4
157 9977335557 Daminah P 4
158 9997511274 Dandi Pangestu Adi L 4
159 9997511255 Dedi Wijoyo L 4
160 0006313397 Dewi Ratnawati P 4
161 0006313437 Didi Yusuf L 4
162 9997511279 Diki Pangestu Adi L 4
163 9997511257 Dimas Agung Prawoto L 4
164 0006313417 Ditafia Adinanda P 4
165 0006313451 Eko Murdiyanto W. L 4
166 9987197986 Elok Widyaningrum P 4
167 0006313394 Erma P 4
168 9997511248 Feri Tri Sopiyanto L 4
169 9997511236 Fujiyani P 4
170 9997511277 Gilang Pradana L 4
171 9997511228 Hadiyoso L 4
172 0006313393 Hady Arofat L 4
173 9997511271 Hendri Kristiawan L 4
174 0006313382 Ilham Irgianto L 4
175 0006313405 Indah Sari P 4
176 9997511250 Indra Arianto L 4
177 9997511267 Inggit Ajeng Pragiwo P 4
178 9997511256 Intan Krismiati P 4
179 9997511231 Irvan Fauzi L 4
180 9997511242 Iwan Fauzi L 4
181 0006313381 Jarotunnisa P 4
182 9997511278 Khoiriyah P 4
183 9997511265 Kurniati P 4
184 0006313387 Lia'ul Jannah P 4
185 0006313427 Maulidah Kurniasih P 4
186 9987197974 Mela Susanti P 4
187 0006313384 Muhammad Rizal L 4
188 9987197949 Niko Indra Saputra L 4
189 0006313441 Novita Oktaviani P 4
190 9987197985 Nurasanah P 4
191 9997511235 Nurdiono L 4
192 0006313404 Nyi Ajeng Putri Ganda S. P 4
193 9997511276 Retno Lir Sari Dewi P 4
194 9997511230 Ria Ismiatun P 4
195 9997511260 Rifki Rinaldi L 4
196 9977335589 Rizal Septiadi L 4
197 0006313380 Salsabilah Ansafa P 4
198 9997511261 Septi Nur Kholisah P 4
199 0006313389 Sigit Taufik L 4
200 9997511270 Siti Nurhayati P 4
201 9987197976 Sofiyatun P 4
202 9977335578 Solekhu Mursidin L 4
203 0006313391 Sri Dewi P 4
204 9987197961 Sri Hesti P 4
205 0006313411 Sri Nur Fatimah P 4
206 9987197947 Syarifudin L 4
207 9997511262 Taufik Rismawan L 4
208 0006313390 Teguh Wiyono P 4
209 9997511243 Tri Suwati P 4
210 9997511249 Tris Triyono L 4
211 9997511251 Umi Latifah P 4
212 0006313386 Vivi Rionika P 4
213 9997511241 Widi Arno L 4
214 9997511273 Windi Ayu Komala Dewi P 4
215 9997511240 Wistiya Astuti P 4
216 9997511264 Yusuf Nafandi P 4
217 9987197915 Abdul Aziz L 5
218 9987197948 Adi Trisno Utomo L 5
219 9997511227 Ahmad Solehudin L 5
220 9987197946 Ahmad Turmudzi B L 5
221 9997511266 Ahmad Warizin L 5
222 9987197969 Andi Wibowo L 5
223 0006313435 Angga Sugiantoro L 5
224 9967517143 Ani P 5
225 9997511239 Ani Novia P 5
226 9987197967 Ani Nur Azizah P 5
227 9997511229 Anita Maharani P 5
228 0006313413 Antoro L 5
229 9977335581 Casmiyati P 5
230 0006313438 Castiah P 5
231 9977335572 Catur Purnomo L 5
232 9987197956 Cici Pujianti P 5
233 9977335551 Desi Oktaviani Parekha P 5
234 9987197936 Dian Ningsih P 5
235 9987197952 Didik Santoso L 5
236 9977335579 Didik Sugiyanto L 5
237 9987197953 Dimas Panji Prahara L 5
238 9997511272 Dwi Nurahman Tauhid L 5
239 9987197954 Dyah Kunaeni Hartanti P 5
240 9987197935 Eko Purnomo Aji L 5
241 9977335591 Fahmi Alimudin Alfian L 5
242 9997511224 Febri P 5
243 9997511253 Feriyanto L 5
244 9987197979 Gotri Priambodo L 5
245 9997511232 Gunawan Febriyanto L 5
246 9997511237 Iftia Syah Putri P 5
247 0006313378 Imam Adi Aryadi L 5
248 9987197968 Intan Larasati P 5
249 9987197975 Islah Nur Azizah P 5
250 9987197925 Jinanti Sri Mayangsari P 5
251 9977335564 Karmila P 5
252 9957458215 Khasan L 5
253 9997511226 Kodi Muhaimin L 5
254 9987197978 Kristiyono L 5
255 9987197983 Kriswantoro L 5
256 9987197951 Linda Purwaningsih P 5
257 9997511223 Lutfi Jamaludin L 5
258 9987197977 M. Arifudin L 5
259 9977335565 Miftakhul Jannah P 5
260 9977335569 Munaseh P 5
261 9987197964 Ninik Fatmawati P 5
262 9987197958 Nur Mila Diah P 5
263 9997511233 Nurul Barokah P 5
264 9987197981 Nurul Hidayah P 5
265 9987197919 Prasetyo Burhanudin L 5
266 9997511246 Pria Budi L 5
267 9977335577 Puji Lestiyowati P 5
268 9987197938 Raedah Indah Sari P 5
269 9997511245 Rena Aryanti P 5
270 9987197984 Retno Noviyanti P 5
271 9987197914 Ridho Ari Pambudi L 5
272 9997511222 Rizal Ikhwanudin L 5
273 9987197929 Robi Akroman L 5
274 9987197965 Roenaldi Yuli Prabowo L 5
275 9987197933 Sakotiyah P 5
276 9946794062 Sari Khalifah P 5
277 9987197959 Sevi Yuni Lestari P 5
278 9987197941 Sigit Setiawan L 5
279 9987197926 Siti Yuliana P 5
280 9987197980 Slamet Kristiawan L 5
281 9987197932 Sobarul Khasan L 5
282 9987197963 Subekhi L 5
283 9997511220 Susianti P 5
284 9997511238 Sutriono L 5
285 9987197950 Tarjoyo L 5
286 9967517109 Tasmono L 5
287 9967517144 Tri Kiswanto L 5
288 9997511221 Ummi Salamah P 5
289 9957458217 Warhudin L 5
290 9987197982 Widyawati P 5
291 9987197920 Winaryo L 5
292 9997511252 Wiwit Yulianti P 5
293 9987197988 Wulan Nur Asiyah P 5
294 9987197916 Zaenal Muttakim L 5
295 9987197966 Adi Yuwono L 6
296 9987197921 Agus Dwi Setiawan L 6
297 9987197922 Ahmad Rudin L 6
298 9967517151 Arip Purbo Winandar L 6
299 9977335574 Aris Sutrisno L 6
300 9987197970 Asti Indah Astuti P 6
301 9987197987 Aviani Nur Oktaviani P 6
302 9977335566 Carmanto L 6
303 9977335541 Dewi Fitrianingsih P 6
304 9977335580 Didik Kurniawan L 6
305 9977335592 Didik Purnomo L 6
306 9987197923 Eka Setyawati P 6
307 9977335542 Eko Fitri Adi Alfian L 6
308 9977335576 Ernawati P 6
309 9977335562 Evin Yulianto L 6
310 9967517161 Feriana Dewi P 6
311 9977335544 Fikiyanto L 6
312 9977335549 Ida Lestari P 6
313 9987197972 Ika Lestari P 6
314 9987197960 Imam Ramadi L 6
315 9987197973 Indra Maulana L 6
316 9977335568 Ismail L 6
317 9987197944 Joko Prayitno L 6
318 9967517166 Karisma P 6
319 9977335561 Kartika Yuniarti P 6
320 9977335553 Krisman Supriyanto L 6
321 9987197943 Kuana P 6
322 9987197931 Lestiana Veri N.S. P 6
323 9967517127 Lutfiyanti P 6
324 9977335585 M. Fauzan L 6
325 9977335583 M. Ridho L 6
326 9977335571 M. Takeudin L 6
327 9987197934 M. Yusuf Abdurozak L 6
328 9967517115 Maksum Abdullah L 6
329 9977335559 Mar'atun Nasiroh P 6
330 9977335563 Muasih P 6
331 9967517170 Muhamad Kadikin L 6
332 9987197937 Musfirotun M.K. P 6
333 9977335587 Neni Lestari P 6
334 9977335560 Nis'atun P 6
335 9977335586 Noviyanti Dewi P 6
336 9967517164 Nur Rizki Lillah P 6
337 9977335584 Nurokhim L 6
338 9987197917 Nurul Khakiyah P 6
339 9977335573 Oktaviana P 6
340 9977335570 Purba L 6
341 9977335582 Purwiyanti P 6
342 9987197939 Ratnasari P 6
343 9977335537 Razanov Citra Vatra P 6
344 9987197924 Reni Eryani P 6
345 9957458251 Rina Safitri P 6
346 9987197942 Risti Kunasih P 6
347 9977335548 Sawi P 6
348 9977335575 Sigit Priyambodo L 6
349 9977335552 Siti Hajijah P 6
350 9967517155 Slamet Danu L 6
351 9987197940 Slamet Sarifudin L 6
352 9967517149 Subekhi L 6
353 9977335567 Sukesih Ningsih P 6
354 9987197930 Sukmainah P 6
355 9987197955 Tantri Widya Astuti P 6
356 9987197927 Teguh Dwi Agusman L 6
357 9987197962 Teguh Priyadi L 6
358 9977335594 Tusriyati P 6
359 9977335593 Uswatun Khasanah K. P 6
360 9987197928 Uswatun Khasanah W. P 6
361 9977335558 Wahyu Setyawan L 6
362 9987197918 Wibowo Handi S. L 6
363 9967517147 Winarso L 6
364 9987197957 Yuni Wulandari P 6
365 9977335588 Yusi Arum Ningtyas P 6
366 9977335550 Zaenal Arifin L 6
»»  READMORE...

NISN ALUMNUS 2010

No. NISN Nama Kelamin Detil
1 9967517139 Abdul Basir L Detil

2 9957458196 Abdul Ghoni L Detil

3 9967517169 Abdul Rahman L Detil

4 9946794053 Abdul Syukur L Detil

5 9977335547 Abdul Syukur L Detil


6 9957458242 Abdur Rokhman Wahid L Detil

7 9957458221 Agung Sulistio L Detil

8 9957458214 Agus Kuspriyono L Detil

9 9967517152 Agus Nur Arifin L Detil

10 9967517131 Ahmad Ariyanto L Detil

11 9957458202 Ahmad Romadhon L Detil

12 9967517154 Ahmad Rozali L Detil

13 9957458213 Ahmad Sugino L Detil

14 9977335554 Annisa Umaeroh P Detil

15 9957458243 Anom Benur Wibowo L Detil

16 9957458198 Aryo Tri Suwibowo L Detil

17 9967517121 Ayu Fitri P Detil

18 9957458250 Bagus Supriyadi L Detil

19 9946794047 Casmuti P Detil

20 9946794044 Darmoko L Detil

21 9967517116 Darsiyah P Detil

22 9967517110 Daryanti Mar'ati Sholekha P Detil

23 9957458245 Deni Irwanto L Detil

24 9957458222 Desi P Detil

25 9967517113 Dheanda Lutviana P Detil

26 9946794059 Dian Astuti P Detil

27 9977335535 Dian Faturokhaman L Detil

28 9977335546 Dimas Arifudin L Detil

29 9957458212 Dwi Bagus Santoso L Detil

30 9957458238 Dyah Ayu Murni P Detil

31 9967517112 E'en Nuryani P Detil

32 9967517111 Edi Saputro L Detil

33 9967517126 Effi Nur Hokky P Detil

34 9977335538 Egi Lestari P Detil

35 9977335545 Eko Budiyono L Detil

36 9957458201 Eko Priyanto L Detil

37 9967517160 Eko Wiratno L Detil

38 9957458209 Eni Rohayati P Detil

39 9957458246 Fani Fitriani P Detil

40 9957458203 Febri Kristanto L Detil

41 9967517140 Fendi Wibowo L Detil

42 9957458229 Fitriyah P Detil

43 9946794042 Hasan Faozi L Detil

44 9967517123 Hasyim Ashari L Detil

45 9967517150 Heri Sumantri L Detil

46 9957458225 Herningsih P Detil

47 9977335556 Husaen Saefudin L Detil

48 9967517157 Ika Fitriyaningsih P Detil

49 9967517171 Imam Subekti L Detil

50 9967517125 Imam Wahyudi L Detil

51 9957458244 Indah Permatasari P Detil

52 9967517159 Indri Septiyani P Detil

53 9977335534 Inu Saputro L Detil

54 9977335540 Istiqomah P Detil

55 9957458211 Iva Nurdiyanto L Detil

56 9957458227 Juliati P Detil

57 9967517119 Kaladzi L Detil

58 9946794046 Kandri L Detil

59 9936194955 Karjoyo L Detil

60 9967517156 Karto Susilo L Detil

61 9957458235 Karyanti P Detil

62 9967517163 Khusnul Khotimah P Detil

63 9957458207 Kiki Ermawati P Detil

64 9957458219 Kiki Juniasih P Detil

65 9946794057 Komarudin L Detil

66 9967517137 Kristiyani P Detil

67 9946794045 Kriswandi P Detil

68 9946794061 Kumiati P Detil

69 9967517128 Kurniawan L Detil

70 9946794055 Kusnaeni P Detil

71 9967517136 Laelatul Nurkhasanah P Detil

72 9946794041 Levin Jaya L Detil

73 9967517158 Lia Enindah P Detil

74 9957458248 Lili Khulaelah P Detil

75 9946794054 Lukmanul L Detil

76 9967517130 M. Abdul Malik L Detil

77 9967517117 M. Imam Panthoni L Detil

78 9967517146 M. Khaerudin L Detil

79 9946794051 M. Khaerul Umam L Detil

80 9957458205 M. Rozikin L Detil

81 9957458231 M. Solehudin L Detil

82 9957458252 M. Syarif Haq L Detil

83 9957458200 Medi Riyono L Detil

84 9957458233 Miftakhu Rohmah A. P Detil

85 9957458237 Miftakhul Ulum L Detil

86 9946794050 Mohamad Ashari L Detil

87 9967517134 Mohammad Taufik L Detil

88 9967517167 Mohammad Yusuf Al A. L Detil

89 9967517172 Mubarokah P Detil

90 9967517124 Nofiatiningsih P Detil

91 9957458210 Nur Maliki L Detil

92 9957458240 Nurkhasanah P Detil

93 9957458247 Nurkholik L Detil

94 9957458197 Nuroso L Detil

95 9967517118 Pipin Patmawati P Detil

96 9977335539 Pipit Setyaningrum P Detil

97 9957458249 Rahmat Dhani L Detil

98 9967517141 Ratna Pujaningrum P Detil

99 9967517153 Riani Faryanti P Detil

100 9967517133 Riza Nuramilah P Detil

101 9967517162 Rizky Prihantono L Detil

102 9946794052 Rudiyanto L Detil

103 9957458239 Rumdasih P Detil

104 9967517138 Selvy Wurjayanti P Detil

105 9957458220 Sholimudin L Detil

106 9977335543 Sinta Febri Lestari P Detil

107 9957458224 Siti Latifah P Detil

108 9936194954 Slamet Raharjo L Detil

109 9946794049 Slamet Widodo L Detil

110 9946794040 Sodikin L Detil

111 9946794063 Sriati P Detil

112 9957458204 Sudarti P Detil

113 9957458206 Sulis Mutiarasari P Detil

114 9967517145 Susanti P Detil

115 9946794056 Sutrisno L Detil

116 9967517114 Suviati Masyaroh P Detil

117 9977335536 Syaeful Ikhsan L Detil

118 9967517142 Tari Anggraeni P Detil

119 9967517135 Tiyo Abdullah L Detil

120 9967517132 Topan Apriliyanto L Detil

121 9957458232 Tri Eryanti P Detil

122 9957458223 Trio Arisandi L Detil

123 9967517122 Trisnianti P Detil

124 9957458216 Virantika Wiji Pangestu P Detil

125 9967517168 Waljinah P Detil

126 9946794043 Warjito Agil Saputro L Detil

127 9957458208 Warsito L Detil

128 9946794060 Waryoto L Detil

129 9967517148 Widiastuti P Detil

130 9946794048 Wiharno L Detil

131 9967517165 Winarni P Detil

132 9977335590 Winarti P Detil

133 9957458218 Winda Dewi P Detil

134 9957458226 Wintari P Detil

135 9957458199 Wiwik Darti P Detil

136 9957458234 Wiwit Triyono L Detil

137 9957458241 Yani Aryaningsih P Detil

138 9967517129 Yani Ekasanti P Detil

139 9946794058 Yoko Prayudin L Detil

140 9957458236 Yudi Prabowo L Detil

141 9957458230 Yuli Aenah Naeni P Detil

142 9957458228 Yuliana Maya Antika P Detil

143 9870316710 Yusuf Wijayanto L Detil

»»  READMORE...

Rabu, 14 Desember 2011

LIBUR SEMESTER 1

PENGUMUMAN

# Diumumkan bahwa Hari Libur Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 dimulai tanggal 19 Desember 2011 sampai tanggal 31 Desember 2011.
# Penerimaan Raport Semester I , Sabtu, 17 Desember 2011.

»»  READMORE...

Kamis, 08 Desember 2011

NEISYAPRINT

Selamat dan sukses atas diluncurkannya blog NEISYAPRINT yang beralamat di http://neisyprint.blogspot.com .
Neisyaprint ini sesuai dengan tema blog memuat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan printer.


Dari jenis dan merek printer, tinta printer, onderdil printer sampai dengan sales servis printer.
Konon Neisyaprint ini menadapat dukungan dari salah satu merk tinta print ternama .Bagi rekan2 yang membutuhkan informasi tentang per PRINTER -an silahkan klik saja neisyaprint
»»  READMORE...

Selasa, 06 Desember 2011

REPLY : Antasari Vs Nasrudin


ANTASARI DAN NASRUDIN BERSAUDARA ?

Nang : Dul , kamu ngikuti britanya Nasrudin vs Antasari
Si Dul : He eh Nang,,, aku ngikutin terus, mang knapa?
Nang : Lho tahu tidak kalau keduanya bersaudara ?
Si Dul :Masa sih ? kata siapa Nang?.
Nang : Kata orang bisu sih . Konon saudara sesusu lagi
Si Dul : Ah , jangan ngaco lho Nang
Nang : Konon ketika pemeriksaan Rani bilang kalau Rani pernah menyusui keduanya.
Si Dul : Hahahahahahah... betul-betul-betul

Dipo
»»  READMORE...

RPP BERKARAKTER KELAS VI SD


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berkarakter Kelas VI Sekolah Dasar dapat diCOPAS dari link berikut ini


RPP Berkarakter Semseter 1:
UNDER CONSTRUCTION
# RPP PKn
# RPP Bahasa Indonesia
# RPP Matematika
# RPP IPA
# RPP IPS

RPP Berkarakter Semseter 2

# RPP PKn
# RPP Bahasa Indonesia
# RPP Matematika
# RPP IPA
# RPP IPS
»»  READMORE...

Senin, 05 Desember 2011

SILABUS TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I


Silabus Tematik Kelas I Sekolah Dasar yang dapat di copas bebas meliputi Silabus Tematik Kelas I SD Semseter I dan Silabus Tematik Kelas I SD Semester 2.


# Silabus Tematik Kelas I SD Semester 1 selengkapnya di sini.
# Silabus Tematik Kelas I SD Semester 2 selengkapnya di sini.
»»  READMORE...

PERANGKAT PEMBELAJARAN "TEMATIK"

Perangkat Pembelajaran yang dimaksud meliputi Silabus, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Program Semester, Pembagian Alokasi Waktu, Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP) dan perangkat pendukung lainnya yang dapat secara mandiri disiapkan oleh pendidik guna memperlancar kegiatan pembelajaran itu sendiri.

Berikut beberapa contoh perangkat pembelajaran yang dapat di Copy Paste secara bebas.Semoga bermanfaat.

# Contoh SK-KD TEMATIK BERKARAKTER KLS I SMT 1, selengkapnya klik di sini
# Contoh Silabus TEMATIK BERKARAKTER KLS I SMT 1, selengkapnya klik di sini
# contoh RPP TEMATIK BERKARAKTER KLS I SMT 1, selengkapnya klik di sini
»»  READMORE...

PANDUAN PEMBELAJARAN TEMATIK


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pembelajaran Tematik

Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada
rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti
IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat
perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih
bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung.
Saat ini, pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD kelas I –III untuk setiap mata pelajaran dilakukan secara terpisah, misalnya IPA 2 jam pelajaran, IPS 2 jam pelajaran, dan BahasaIndonesia 2 jam pelajaran. Dalam pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara murni mata pelajaran yaitu hanya mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berhubungan dengan mata pelajaran itu. Sesuai dengan tahapan perkembangan anak yang masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistic), pembelajaran yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistik dan membuat kesulitan bagi peserta didik.

Selain itu, dengan pelaksanaan pembelajaran yang terpisah, muncul permasalahan pada
kelas rendah (I-III) antara lain adalah tingginya angka mengulang kelas dan putus sekolah.
Angka mengulang kelas dan angka putus sekolah peserta didik kelas I SD jauh lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas yang lain. Data tahun 1999/2000 memperlihatkan bahwa angka
mengulang kelas satu sebesar 11,6% sementara pada kelas dua 7,51%, kelas tiga 6,13%,
kelas empat 4,64%, kelas lima 3,1%, dan kelas enam 0,37%. Pada tahun yang sama angka
putus sekolah kelas satu sebesar 4,22%, masih jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan
kelas dua 0,83%, kelas tiga 2,27%, kelas empat 2,71%, kelas lima 3,79%, dan kelas enam
1,78%.

Angka nasional tersebut semakin memprihatinkan jika dilihat dari data di masing-masing
propinsi terutama yang hanya memiliki sedikit taman Kanak-kanak. Hal itu terjadi terutama
di daerah terpencil. Pada saat ini hanya sedikit peserta didik kelas satu sekolah dasar yang
mengikuti pendidikan prasekolah sebelumnya. Tahun 1999/2000 tercatat hanya 12,61%
atau 1.583.467 peserta didik usia 4-6 tahun yang masuk Taman Kanak-kanak, dan kurang
dari 5 % Peserta didik berada pada pendidikan prasekolah lain.

Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa kesiapan sekolah sebagian besar peserta didik
kelas awal sekolah dasar di Indonesia cukup rendah. Sementara itu, hasil penelitian
menunjukkan bahwa peserta didik yang telah masuk Taman Kanak-Kanak memiliki
kesiapan bersekolah lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang tidak mengikuti
pendidikan Taman Kanak-Kanak. Selain itu, perbedaan pendekatan, model, dan prinsipprinsip
pembelajaran antara kelas satu dan dua sekolah dasar dengan pendidikan prasekolah
dapat juga menyebabkan peserta didik yang telah mengikuti pendidikan pra-sekolah
pun dapat saja mengulang kelas atau bahkan putus sekolah.
Atas dasar pemikiran di atas dan dalam rangka implementasi Standar Isi yang termuat
dalam Standar Nasional Pendidikan, maka pembelajaran pada kelas awal sekolah dasar
yakni kelas satu, dua, dan tiga lebih sesuai jika dikelola dalam pembelajaran terpadu melalui
pendekatan pembelajaran tematik. Untuk memberikan gambaran tentang pembelajaran
tematik yang dapat menjadi acuan dan contoh konkret, disiapkan model pelaksanaan
pembelajaran tematik untuk SD/MI kelas I hingga kelas III.

B. Tujuan
Tujuan penyusunan dokumen model pengembangan silabus tematik pada kelas awal
Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:
1. Memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran tematik.
2. Memberikan pemahaman kepada guru tentang pembelajaran tematik yang sesuai
dengan perkembangan peserta didik kelas awal Sekolah Dasar.
3. Memberikan keterampilan kepada guru dalam menyusun perencanaan, melaksanakan
dan melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik.
4. Memberikan wawasan, pengetahuan dan pemahaman bagi pihak terkait, sehingga
diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan
pembelajaran tematik

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pengembangan pembelajaran tematik meliputi seluruh mata pelajaran pada
kelas I - III Sekolah Dasar, yaitu: Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu
Pengetahuan Alam, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya
dan Keterampilan, serta Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan.



BAB II
KERANGKA BERPIKIR

A. Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD
Anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini.
Masa usia dini ini merupakan masa yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat
penting bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, pada masa ini seluruh potensi yang
dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal.

Karakteristik perkembangan anak pada kelas satu, dua dan tiga SD biasanya pertumbuhan
fisiknya telah mencapai kematangan, mereka telah mampu mengontrol tubuh dan
keseimbangannya. Mereka telah dapat melompat dengan kaki secara bergantian, dapat
mengendarai sepeda roda dua, dapat menangkap bola dan telah berkembang koordinasi
tangan dan mata untuk dapat memegang pensil maupun memegang gunting. Selain itu,
perkembangan sosial anak yang berada pada usia kelas awal SD antara lain mereka telah
dapat menunjukkan keakuannya tentang jenis kelaminnya, telah mulai berkompetisi dengan
teman sebaya, mempunyai sahabat, telah mampu berbagi, dan mandiri.

Perkembangan emosi anak usia 6-8 tahun antara lain anak telah dapat mengekspresikan
reaksi terhadap orang lain, telah dapat mengontrol emosi, sudah mampu berpisah dengan
orang tua dan telah mulai belajar tentang benar dan salah. Untuk perkembangan
kecerdasannya anak usia kelas awal SD ditunjukkan dengan kemampuannya dalam
melakukan seriasi, mengelompokkan obyek, berminat terhadap angka dan tulisan,
meningkatnya perbendaharaan kata, senang berbicara, memahami sebab akibat dan
berkembangnya pemahaman terhadap ruang dan waktu.

B. Cara Anak Belajar
Piaget (1950) menyatakan bahwa setiap anak memiliki cara tersendiri dalam
menginterpretasikan dan beradaptasi dengan lingkungannya (teori perkembangan kognitif).
Menurutnya, setiap anak memiliki struktur kognitif yang disebut schemata yaitu sistem
konsep yang ada dalam pikiran sebagai hasil pemahaman terhadap objek yang ada dalam
lingkungannya. Pemahaman tentang objek tersebut berlangsung melalui proses asimilasi
(menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran) dan akomodasi
(proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek). Kedua
proses tersebut jika berlangsung terus menerus akan membuat pengetahuan lama dan
pengetahuan baru menjadi seimbang. Dengan cara seperti itu secara bertahap anak dapat
membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan hal
tersebut, maka perilaku belajar anak sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek dari dalam
dirinya dan lingkungannya. Kedua hal tersebut tidak mungkin dipisahkan karena memang
proses belajar terjadi dalam konteks interaksi diri anak dengan lingkungannya.
Anak usia sekolah dasar berada pada tahapan operasi konkret. Pada rentang usia tersebut
anak mulai menunjukkan perilaku belajar sebagai berikut: (1) Mulai memandang dunia
secara objektif, bergeser dari satu aspek situasi ke aspek lain secara reflektif dan
memandang unsur-unsur secara serentak, (2) Mulai berpikir secara operasional, (3)
Mempergunakan cara berpikir operasional untuk mengklasifikasikan benda-benda, (4)
Membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana,
dan mempergunakan hubungan sebab akibat, dan (5) Memahami konsep substansi, volume
zat cair, panjang, lebar, luas, dan berat.
Memperhatikan tahapan perkembangan berpikir tersebut, kecenderungan belajar anak usia
sekolah dasar memiliki tiga ciri, yaitu:

1. Konkrit
Konkrit mengandung makna proses belajar beranjak dari hal-hal yang konkrit yakni yang
dapat dilihat, didengar, dibaui, diraba, dan diotak atik, dengan titik penekanan pada
pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan akan
menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih bermakna dan bernilai, sebab siswa
dihadapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya, keadaan yang alami,
sehingga lebih nyata, lebih faktual, lebih bermakna, dan kebenarannya lebih dapat
dipertanggungjawabkan.

2. Integratif
Pada tahap usia sekolah dasar anak memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu
keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, hal ini
melukiskan cara berpikir anak yang deduktif yakni dari hal umum ke bagian demi bagian.


3. Hierarkis
Pada tahapan usia sekolah dasar, cara anak belajar berkembang secara bertahap mulai dari
hal-hal yang sederhana ke hal-hal yang lebih kompleks. Sehubungan dengan hal tersebut,
maka perlu diperhatikan mengenai urutan logis, keterkaitan antar materi, dan cakupan
keluasan serta kedalaman materi .

C. Belajar dan Pembelajaran Bermakna
Belajar pada hakekatnya merupakan proses perubahan di dalam kepribadian yang berupa
kecakapan, sikap, kebiasaan, dan kepandaian. Perubahan ini bersifat menetap dalam
tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.

Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses interaksi antar anak dengan anak,
anak dengan sumber belajar dan anak dengan pendidik. Kegiatan pembelajaran ini akan
menjadi bermakna bagi anak jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan
memberikan rasa aman bagi anak. Proses belajar bersifat individual dan kontekstual, artinya
proses belajar terjadi dalam diri individu sesuai dengan perkembangannya dan
lingkungannya.

Belajar bermakna (meaningfull learning) merupakan suatu proses dikaitkannya informasi
baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang.
Kebermaknaan belajar sebagai hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya
hubungan antara aspek-aspek, konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan
komponen-komponen yang relevan di dalam struktur kognitif siswa. Proses belajar tidak
sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan
menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga
konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan
demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha mengetahui dan
menggali konsep-konsep yang telah dimiliki siswa dan membantu memadukannya secara
harmonis konsep-konsep tersebut dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan.

Dengan kata lain, belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang
dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan
orang/guru menjelaskan.

D. Pengertian Pembelajaran Tematik
Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar, konsep
belajar dan pembelajaran bermakna, maka kegiatan pembelajaran bagi anak kelas awl SD
sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik. Pembelajaan tematik adalah

pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran
sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok
pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).
Dengan tema diharapkan akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya:
1) Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
2) Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
3) pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;
5) Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;
6) Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
7) guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.

E. Landasan Pembelajaran Tematik
Landasan Pembelajaran tematik mencakup:
Landasan filosofis dalam pembelajaran tematik sangat dipengaruhi oleh tiga aliran filsafat
yaitu: (1) progresivisme, (2) konstruktivisme, dan (3) humanisme. Aliran progresivisme
memandang proses pembelajaran perlu ditekankan pada pembentukan kreatifitas,
pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah (natural), dan memperhatikan
pengalaman siswa. Aliran konstruktivisme melihat pengalaman langsung siswa (direct
experiences) sebagai kunci dalam pembelajaran. Menurut aliran ini, pengetahuan adalah
hasil konstruksi atau bentukan manusia. Manusia mengkonstruksi pengetahuannya melalui
interaksi dengan obyek, fenomena, pengalaman dan lingkungannya. Pengetahuan tidak
dapat ditransfer begitu saja dari seorang guru kepada anak, tetapi harus diinterpretasikan
sendiri oleh masing-masing siswa. Pengetahuan bukan sesuatu yang sudah jadi, melainkan
suatu proses yang berkembang terus menerus. Keaktifan siswa yang diwujudkan oleh rasa
ingin tahunya sangat berperan dalam perkembangan pengetahuannya. Aliran humanisme
melihat siswa dari segi keunikan/kekhasannya, potensinya, dan motivasi yang dimilikinya.

Landasan psikologis dalam pembelajaran tematik terutama berkaitan dengan psikologi
perkembangan peserta didik dan psikologi belajar. Psikologi perkembangan diperlukan
terutama dalam menentukan isi/materi pembelajaran tematik yang diberikan kepada siswa
agar tingkat keluasan dan kedalamannya sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.
Psikologi belajar memberikan kontribusi dalam hal bagaimana isi/materi pembelajaran
tematik tersebut disampaikan kepada siswa dan bagaimana pula siswa harus
mempelajarinya.

Landasan yuridis dalam pembelajaran tematik berkaitan dengan berbagai kebijakan atau
peraturan yang mendukung pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Landasan
yuridis tersebut adalah UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang
menyatakan bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam
rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan
bakatnya (pasal 9). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak
mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya (Bab
V Pasal 1-b).

F. Arti Penting Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar
secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman
langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang
dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung siswa akan memahami konsep-konsep yang
mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Teori
pembelajaran ini dimotori para tokoh Psikologi Gestalt, termasuk Piaget yang menekankan
bahwa pembelajaran haruslah bermakna dan berorientasi pada kebutuhan dan
perkembangan anak.

Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan
sesuatu (learning by doing). Oleh karena itu, guru perlu mengemas atau merancang
pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman
belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran
lebih efektif. Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk
skema, sehingga siswa akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Selain itu,
dengan penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar akan sangat membantu siswa,
karena sesuai dengan tahap perkembangannya siswa yang masih melihat segala sesuatu
sebagai satu keutuhan (holistik).

Beberapa ciri khas dari pembelajaran tematik antara lain: 1) Pengalaman dan kegiatan
belajar sangat relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah
dasar; 2) Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak
dari minat dan kebutuhan siswa; 3) Kegiatan belajar akan lebih bermakna dan berkesan
bagi siswa sehingga hasil belajar dapat bertahan lebih lama; 4) Membantu mengembangkan
keterampilan berpikir siswa; 5) Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai
dengan permasalahan yang sering ditemui siswa dalam lingkungannya; dan 6)
Mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan
tanggap terhadap gagasan orang lain.

Dengan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan tema ini, akan diperoleh
beberapa manfaat yaitu: 1) Dengan menggabungkan beberapa kompetensi dasar dan
indikator serta isi mata pelajaran akan terjadi penghematan, karena tumpang tindih materi
dapat dikurangi bahkan dihilangkan, 2) Siswa mampu melihat hubungan-hubungan yang
bermakna sebab isi/materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat, bukan
tujuan akhir, 3) Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan mendapat pengertian
mengenai proses dan materi yang tidak terpecah-pecah. 4) Dengan adanya pemaduan
antar mata pelajaran maka penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat,

G. Karakteristik Pembelajaran Tematik
Sebagai suatu model pembelajaran di sekolah dasar, pembelajaran tematik memiliki
karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
1. Berpusat pada siswa
Pembelajaran tematik berpusat pada siswa (student centered), hal ini sesuai dengan
pendekatan belajar modern yang lebih banyak menempatkan siswa sebagai subjek
belajar sedangkan guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator yaitu memberikan
kemudahan-kemudahan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar.
2. Memberikan pengalaman langsung
Pembelajaran tematik dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct
experiences). Dengan pengalaman langsung ini, siswa dihadapkan pada sesuatu yang
nyata (konkrit) sebagai dasar untuk memahami hal-hal yang lebih abstrak.
3. Pemisahan matapelajaran tidak begitu jelas
Dalam pembelajaran tematik pemisahan antar mata pelajaran menjadi tidak begitu jelas.
Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan tema-tema yang paling dekat
berkaitan dengan kehidupan siswa.
4. Menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran
Pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam
suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, Siswa mampu memahami konsepkonsep
tersebut secara utuh. Hal ini diperlukan untuk membantu siswa dalam
memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
5. Bersifat fleksibel
Pembelajaran tematik bersifat luwes (fleksibel) dimana guru dapat mengaitkan bahan
ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan
mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan
siswa berada.
6. Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
Siswa diberi kesempatan untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan
minat dan kebutuhannya.
7. Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan

H. RAMBU-RAMBU
1. Tidak semua mata pelajaran harus dipadukan
2. Dimungkinkan terjadi penggabungan kompetensi dasar lintas semester
3. Kompetensi dasar yang tidak dapat dipadukan, jangan dipaksakan untuk dipadukan.
Kompetensi dasar yang tidak diintegrasikan dibelajarkan secara tersendiri.
4. Kompetensi dasar yang tidak tercakup pada tema tertentu harus tetap diajarkan baik
melalui tema lain maupun disajikan secara tersendiri.
5. Kegiatan pembelajaran ditekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung
serta penanaman nilai-nilai moral
6. Tema-tema yang dipilih disesuaikan dengan karakteristik siswa, minat, lingkungan, dan
daerah setempat


BAB III
IMPLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK

Dalam implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar mempunyai berbagai implikasi
yang mencakup:

A. Implikasi bagi guru
Pembelajaran tematik memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan
kegiatan/pengalaman belajar bagi anak, juga dalam memilih kompetensi dari berbagai
mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik,
menyenangkan dan utuh.
B. Implikasi bagi siswa
1. Siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya
dimungkinkan untuk bekerja baik secara individual, pasangan, kelompok kecil
ataupun klasikal.
2. Siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang bervariasi secara aktif
misalnya melakukan diskusi kelompok, mengadakan penelitian sederhana, dan
pemecahan masalah

C. Implikasi terhadap sarana, prasarana, sumber belajar dan media
1. Pembelajaran tematik pada hakekatnya menekankan pada siswa baik secara
individual maupun kelompok untuk aktif mencari, menggali dan menemukan konsep
serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik. Oleh karena itu, dalam
pelaksanaannya memerlukan berbagai sarana dan prasarana belajar.
2. Pembelajaran ini perlu memanfaatkan berbagai sumber belajar baik yang sifatnya
didisain secara khusus untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran (by design),
maupun sumber belajar yang tersedia di lingkungan yang dapat dimanfaatkan (by
utilization).
3. Pembelajaran ini juga perlu mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang
bervariasi sehingga akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang
abstrak.
4. Penerapan pembelajaran tematik di sekolah dasar masih dapat menggunakan buku
ajar yang sudah ada saat ini untuk masing-masing mata pelajaran dan dimungkinkan
pula untuk menggunakan buku suplemen khusus yang memuat bahan ajar yang
terintegrasi

D. Implikasi terhadap Pengaturan ruangan
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tematik perlu melakukan pengaturan ruang
agar suasana belajar menyenangkan. Pengaturan ruang tersebut meliputi:
• Ruang perlu ditata disesuaikan dengan tema yang sedang dilaksanakan.Susunan bangku peserta didik dapat berubah-ubah disesuaikan dengan keperluan
• pembelajaran yang sedang berlangsung Peserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/karpet Kegiatan hendaknya bervariasi dan dapat dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas
• Dinding kelas dapat dimanfaatkan untuk memajang hasil karya peserta didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
• Alat, sarana dan sumber belajar hendaknya dikelola sehingga memudahkan peserta didik untuk menggunakan dan menyimpannya kembali.

E. Implikasi terhadap Pemilihan metode
Sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik, maka dalam pembelajaran yang
dilakukan perlu disiapkan berbagai variasi kegiatan dengan menggunakan multi metode.
Misalnya percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap.


BAB IV
TAHAP PERSIAPAN PELAKSANAAN

Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap
perencanaan yang mencakup kegiatan pemetaan kompetensi dasar, pengembangan
jaringan tema, pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran.

A. Pemetaan Kompetensi Dasar
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan
utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata
pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan adalah:

1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan kegiatan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar dari
setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
• Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
• Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
• Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau dapat diamati

2. Menentukan tema
a. cara penentuan tema
Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara yakni:

Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan
tema yang sesuai.

Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan,
untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan peserta didik
sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.

b. Prinsip Penentuan tema
Dalam menetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
• Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
• Dari yang termudah menuju yang sulit
• Dari yang sederhana menuju yang kompleks
• Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
• Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
• Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa,termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya

3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar
kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.
B. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan
tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema,
kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat
dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.

C. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar
dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.

D. Penyusunan Rencana Pembelajaran
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar
siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana
pembelajaran tematik meliputi:
1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas,semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
2. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
3. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
4. Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
5. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar,serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
6. Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian).


BAB V
TAHAP PELAKSANAAN

1. Tahapan kegiatan
Pelaksanaan pembelajaran tematik setiap hari dilakukan dengan menggunakan tiga
tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembukaan/awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan
kegiatan penutup. Alokasi waktu untuk setiap tahapan adalah kegiatan pembukaan
kurang lebih satu jam pelajaran (1 x 35 menit), kegiatan inti 3 jam pelajaran (3 x 35
menit) dan kegiatan penutup satu jam pelajaran (1 x 35 menit)

a. Kegiatan Pendahuluan/awal/pembukaan
Kegiatan ini dilakukan terutama untuk menciptakan suasana awal pembelajaran
untuk mendorong siswa menfokuskan dirinya agar mampu mengikuti proses
pembelajaran dengan baik.
Sifat dari kegiatan pembukaan adalah kegiatan untuk pemanasan. Pada tahap ini
dapat dilakukan penggalian terhadap pengalaman anak tentang tema yang akan
disajikan. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah bercerita, kegiatan
fisik/jasmani, dan menyanyi

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk
pengembangan kemampuan baca, tulis dan hitung. Penyajian bahan pembelajaran
dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi/metode yang bervariasi dan
dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, ataupun perorangan.

c. Kegiatan Penutup/Akhir dan Tindak Lanjut
Sifat dari kegiatan penutup adalah untuk menenangkan. Beberapa contoh kegiatan
akhir/penutup yang dapat dilakukan adalah menyimpulkan/mengungkapkan hasil
pembelajaran yang telah dilakukan, mendongeng, membacakan cerita dari buku,
pantomim, pesan-pesan moral, musik/apresiasi musik.
Contoh jadwal pelaksanaan pembelajaran perhari dapat dijabarkan menjadi:

Contoh 1:
Kegiatan Jenis kegiatan
Kegiatan pembukaan Anak berkumpul bernyanyi sambil menari mengikluti irama musik
Kegiatan inti • Kegiatan untuk pengembangan membaca
• Kegiatan untuk pengembangan menulis
• Kegitan untuk pengembangan berhitung
Kegiatan penutup Mendongeng atau membaca cerita dari buku cerita






Contoh 2:
Kegiatan Jenis kegiatan
Kegiatan pembukaan Waktu berkumpul (anak m,enceritakan pengalkaman,
menyanyi, melakukan kegiatan fisik sesuai dengan tema)
Kegiatan inti  Pengembnagan kemmapuan menulis (kegiatan kelompok besar)
 Pengembnagan kemampuan berhitung kegiatan kelompok kecil atau berpasangan)
 Melakukan pengamatan sesuai dengan tema, misalnya mengamati jenis kendaraan yang lewat pada tema transporasi, menggambar hewan hasil pengamatan
Kegiatan penutup  Mendongeng
 Pesan-pesan moral
 Musik/menyanyi

2. Pengaturan Jadwal pelajaran
Untuk memudahkan administrasi sekolah terutama dalam penjadwalan. Guru bersama
dengan guru mata pelajaran pendidikan agama, guru pendidikan Jasmani dan guru
muatan lokal perlu bersama-sama menyusun Jadwal pelajaran. Contoh jadwal yang
dapat dikembangkan adalah:

Waktu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu
7-7.35 Matematika B. Indo Mat BI Penjaskes IPA
7.35-8.10 Matematika B. Indo Mat BI penjaskes IPA
8.10-8.45 Matematika B. Indo Mat KTK P. Agama mulok
8.45-9.00 Istirahat
9.00-9.35 B. Ind Mat IPS KTK P. Agama mulok
9.35-10.10 B. Ind Mat IPS KTK


BAB VI
PENILAIAN

A. Pengertian
Penilaian dalam pembelajaran tematik adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai
informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari
pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program
kegiatan belajar.

B. Tujuan
Tujuan Penilaian pembelajaran tematik adalah:
1. Mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan
2. Memperoleh umpan balik bagi guru, untuk pengetahui hambatan yang terjadi dalam pembelajaran maupun efektivitas pembelajaran
3. Memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa
4. Sebagai acuan dalam menentukan rencana tindak lanjut (remedial, pengayaan, dan pemantapan).

C. Prinsip
1. Penilaian di kelas I dan II mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaran lain di sekolah dasar. Mengingat bahwa siswa kelas I SD belum semuanya lancar membaca dan menulis, maka cara penilaian di kelas I tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis.
2. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas I dan II. Oleh karena itu, penguasaan terhadap ke tiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
3. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar dari mata-mata pelajaran.
4. Penilaian dilakukan secara terus menerus dan selama proses belajar mengajar berlangsung, misalnya sewaktu siswa bercerita pada kegiatan awal, membaca pada kegiatan inti dan menyanyi pada kegiatan akhir.
5. Hasil karya/kerja siswa dapat digunakan sebagai bahan masukan guru dalam mengambil keputusan siswa misalnya: Penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun angka.

D. Alat Penilaian
Alat penilaian dapat berupa Tes dan Non Tes. Tes mencakup: tertulis, lisan, atau perbuatan,
catatan harian perkembangan siswa, dan porto folio. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas
awal penilaian yang lebih banyak digunakan adalah melalui pemberian tugas dan portofolio.
Guru menilai anak melalui pengamatan yang lalu dicatat pada sebuiah buku bantu.
Sedangkan Tes tertulis digunakan untuk menilai kemampuan menulis siswa, khususnya
untuk mengetahui tentang penggunaan tanda baca, Jean, kata atau angka

Berikut adalah contoh penilaian yang dapat dilakukan guru:
A. Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial : Tes Lisan
 Menyebutkan peristiwa/kegiatan yang dialami
 Mengemukakan peristiwa/kegiatan yang berkesan
 Mengekspresikan perasaan waktu memberi kesan.
B. Bahasa Indonesia : Perbuatan
• Kelancaran membaca
• Melafalkan kata
• Melagukan/intonasi
• Cara bertanya jawab

Tugas
• Melengkapi kalimat
C. Ilmu Pengetahuan Alam : Perbuatan
• Mendemonstrasikan cara menggosok gigi

: Lisan
• Menyebutkan cara memelihara gigi
• Menjelaskan manfaat menggosok gigi

E. Aspek Penilaian
Pada pembelajaran tematik penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian Kompetensi
Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema tersebut.
Dengan demikian penilaian dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui tema, melainkan sudah
terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar, Hasil Belajar dan Indikator mata
pelajaran.

Nilai akhir pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang
terdapat pada kelas satu dan dua Sekolah Dasar, yaitu: Bahasa Indonesia, Matematika,
Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni
Budaya dan Keterampilan, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan.

PENUTUP
Pedoman ini merupakan acuan minimal, sehingga sekolah dan guru dapat mengembangan
sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing.

»»  READMORE...

Entri Populer

free counters